Adv

2/25/2012

Dasar-dasar Membuat Game dengan Unity Game Engine (2)

Pada saat tulisan ini dibuat, Unity sudah mengeluarkan versi terbaru yaitu versi 3.5. Saya masih menggunakan versi 3.4, karena tidak terlalu jauh perbedaannya. Tahap awal turorial, mari mengenal jendela kerja dulu sbb :

1. Preview Jendela Kerja


2. User Interface Untiy terdiri dari :

Jendela Utama : Scene dan Game View. 
Kita dengan mudah bisa berpindah antara scene (rancangan yang kita buat dengan game view (aktual gameplay-nya)



Jendela Project

Jendela project merupakan tempat asset berada. Asset terdiri dari  scene, script, 3d model, tekstur, gambar dan file audio. Berikut preview-nya :


Jendela Hierarchy

Jendela hierarchy merupakan tempat obyek game yang sedang aktif dalam suatu scene. Artinya, tidak semua yang ada di dalam asset pada Jendela Project ada di Jendela Hierrarchy....begitu maksudnya.....


OK, untuk bagian kedua sementara sekian dulu, saya mau jalan-jalan dulu, nantikan bagian ketiga ya...


  

2/23/2012

Dasar-dasar Membuat Game dengan Unity Game Engine (1)

Tulisan ini memerlukan waktu ekstra dalam menyusunnya, tujuannya agar mudah difahami oleh semua pembaca, termasuk saya. Insya Alloh kita akan gali fitur-fitur game engine Unity ini secara bertahap. Are U ready ???
Mari kita susun pertanyaan dulu...
1. Apa sih Unity itu ?
Unity adalah salah satu tool/software berbayar (ada versi trial-nya) yang didesain untuk merancang/membangun sebuah game from zero to hero hehe...
2. Mengapa Unity ?
Karena mudah dipelajari, support terhadap beberapa bahasa pemograman yang populer, dan support terhadap beberapa 3d modelling tools....dan...banyak lagi deh...
3. Dimana saya mendapatkan software ini ?
Anda dapat mendapatkannya di tautan ini..

Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan ke bagian 2 ya...karena bagian 1 ini hanya pemanasan aja...